Skip to main content

TUGAS IMK DESAIN


1.  Apakah sebenarnya tujuan dari desain itu ? Kaitkan juga dengan prinsip-prinsip yang mendukung penggunaan!
Jawab :
Tujuannya adalah untuk membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin dalam hal mencapai tujuan pengguna.
-          Pengaturan persepsi visual manusia dapat melihat objek secara koheren, mengenali benda yang terletak pada jarak yang berbeda serta perbedaan warna.
-          Persepsi ukuran size, mengidentifikasi obyek yang sama walaupun obyek tersebut memiliki ukuran yang berbeda.
-          Persepsi cahaya, pengaturan jumlah cahaya yang dipantulkan oleh objek.
-          Kemampuan warna, pemilihan warna yang baik dan sesuai dalam desain antarmuka

2.      Apakah yang harus kita lakukan agar fokus pada desain?
Jawab :
Perancang harus mempunyai hubungan langsung dengan pengguna sesungguhnya atau calon pengguna melalui interview, survei, partisipasi dalam workshop perancangan. Karena hal ini penting untuk kebutuhan user dan fungsi dari perangkat lunak itu sendiri yang akan di desain.

3.      Dalam merancang antar muka agar mendapatkan hasil yang maksimal kita dapat menggunakan beberapa ”Prinsip”. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip tersebut!
Jawab :
-          Konsisten : selalu konsisten dalam segala hal seperti penggunaan warna yang konsisten, urutan tindakan yang konsisten.
-          Umpan balik yang informatif : untuk setiap tindakan pengguna, system harus merespon dalam beberapa cara, misalnya dalam web dengan DHTML.
-          Shortcut : memungkinkan pengguna sering untuk menggunakan jalan pintas.
-          Pencegahan kesalahan : jika pengguna melakukan kesalahan, instruksi harus ditulis untuk mendeteksi kesalahan dan menawarkan instruksi sederhana, konstruktif, dan khusus untuk pemulihan.
-          Penutupan : desain dialog untuk menghasilkan penutupan.
-          Pembalikan aksi : dukungan internal lokus control (pengguna yang berpengalaman juga ingin bertanggung jawab).
-          Beban ingat jangka pendek : mengurangi beban memori jangka pendek.

4.      Apa saja prinsip dari desain itu?
Jawab :
-          Keseimbangan (balance)
-          Kesatuan (unity)
-          Ritme (rhythm)
-          Penekanan (emphasis)
-          Proporsi

5.      Mengapa membuat suatu desain, kita harus memperhatikan aspek manusia dan komputer ?
Jawab :
-          Aspek manusia diperhatikan karna melihat manusia tersebut dapat mengedit atau tidak dan mempunyai kreativitas yang lebih atau tidak.
-          Aspek komputer diperhatikan karna dalam mengedit desain kita  harus memperhatikan spesifikasi komputer terhadap software atau applikasi yang kita gunakan.

6.      Mengapa dalam membuat desain itu mempertimbangkan aspek konsistensi?
Jawab :
Karna dalam mebuat sebuah desain itu perlu sebuah aspek kosistensi yaitu konsentrasi sebab mendesain sesuatu sangatlah sulit oleh karena itu perlu konsentrasi yg tinghi dan tajam agar hasilnya bagus

7.      Apa pengaruhnya jika desain yang kita buat tidak mempertimbangkan user friendly?
Jawab :
-          User akan kesulitan dalam menggunakan aplikasi.
-          Tujuan dari aplikasi akan tidak tercapai.




8.      Jelaskan tentang prinsip dalam desain grafik?
Jawab :
-          Keseimbangan (balance) : keseluruhan komponen-komponen desain harus tampil seimbang. Desainer harus memadukan kesimbangan tulisan, warna, ataupun gambar sehingga tidak muncul kesan berat sebelah.
-          Kesatuan (unity) : kesatuan dalam prinsip desain grafis adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.
-          Ritme (rhythm) : pembuatan desain dengan prinsip yang menyatukan irama.
-          Penekanan (emphasis) : setiap bentuk desain ada hal yang perlu ditonjolkan lebih dari yang lain.
-          Proporsi : dapat diartikan sebagai perubahan ukuran/size tanpa perubahan ukuran panjang, lebar, atau tinggi, sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.

Comments

Popular posts from this blog

Skin Gas aottg

 

Ost. Ultraman Zero | Voyager