TUGAS IMK DESAIN
1. Apakah sebenarnya tujuan dari desain itu ? Kaitkan juga dengan prinsip-prinsip yang mendukung penggunaan!
Jawab :
Tujuannya
adalah untuk membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin dalam
hal mencapai tujuan pengguna.
-
Pengaturan persepsi visual manusia dapat
melihat objek secara koheren, mengenali benda yang terletak pada jarak yang
berbeda serta perbedaan warna.
-
Persepsi ukuran size, mengidentifikasi
obyek yang sama walaupun obyek tersebut memiliki ukuran yang berbeda.
-
Persepsi cahaya, pengaturan jumlah cahaya
yang dipantulkan oleh objek.
-
Kemampuan warna, pemilihan warna yang baik
dan sesuai dalam desain antarmuka
2. Apakah
yang harus kita lakukan agar fokus pada desain?
Jawab :
Perancang harus mempunyai hubungan langsung dengan
pengguna sesungguhnya atau calon pengguna melalui interview, survei,
partisipasi dalam workshop perancangan. Karena hal ini penting untuk kebutuhan
user dan fungsi dari perangkat lunak itu sendiri yang akan di desain.
3. Dalam
merancang antar muka agar mendapatkan hasil yang maksimal kita dapat
menggunakan beberapa ”Prinsip”. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip tersebut!
Jawab :
-
Konsisten : selalu konsisten dalam segala
hal seperti penggunaan warna yang konsisten, urutan tindakan yang konsisten.
-
Umpan balik yang informatif : untuk setiap
tindakan pengguna, system harus merespon dalam beberapa cara, misalnya dalam
web dengan DHTML.
-
Shortcut : memungkinkan pengguna sering
untuk menggunakan jalan pintas.
-
Pencegahan kesalahan : jika pengguna
melakukan kesalahan, instruksi harus ditulis untuk mendeteksi kesalahan dan
menawarkan instruksi sederhana, konstruktif, dan khusus untuk pemulihan.
-
Penutupan : desain dialog untuk
menghasilkan penutupan.
-
Pembalikan aksi : dukungan internal lokus control
(pengguna yang berpengalaman juga ingin bertanggung jawab).
-
Beban ingat jangka pendek : mengurangi
beban memori jangka pendek.
4. Apa
saja prinsip dari desain itu?
Jawab :
-
Keseimbangan (balance)
-
Kesatuan (unity)
-
Ritme (rhythm)
-
Penekanan (emphasis)
-
Proporsi
5. Mengapa
membuat suatu desain, kita harus memperhatikan aspek manusia dan komputer ?
Jawab :
-
Aspek manusia diperhatikan karna melihat
manusia tersebut dapat mengedit atau tidak dan mempunyai kreativitas yang lebih
atau tidak.
-
Aspek komputer diperhatikan karna dalam
mengedit desain kita harus memperhatikan spesifikasi komputer terhadap
software atau applikasi yang kita gunakan.
6. Mengapa
dalam membuat desain itu mempertimbangkan aspek konsistensi?
Jawab :
Karna
dalam mebuat sebuah desain itu perlu sebuah aspek kosistensi yaitu konsentrasi
sebab mendesain sesuatu sangatlah sulit oleh karena itu perlu konsentrasi yg
tinghi dan tajam agar hasilnya bagus
7.
Apa pengaruhnya jika desain yang kita buat
tidak mempertimbangkan user friendly?
Jawab :
-
User akan kesulitan dalam menggunakan
aplikasi.
-
Tujuan dari aplikasi akan tidak tercapai.
8.
Jelaskan tentang prinsip dalam desain grafik?
Jawab :
-
Keseimbangan (balance) : keseluruhan
komponen-komponen desain harus tampil seimbang. Desainer harus memadukan
kesimbangan tulisan, warna, ataupun gambar sehingga tidak muncul kesan berat
sebelah.
-
Kesatuan (unity) : kesatuan dalam prinsip
desain grafis adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang
merupakan isi pokok dari komposisi.
-
Ritme (rhythm) : pembuatan desain dengan
prinsip yang menyatukan irama.
-
Penekanan (emphasis) : setiap bentuk desain
ada hal yang perlu ditonjolkan lebih dari yang lain.
-
Proporsi : dapat diartikan sebagai
perubahan ukuran/size tanpa perubahan ukuran panjang, lebar, atau tinggi,
sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.
Comments
Post a Comment